Perkuatan Kesadaran Bela Negara Agar Aparatur Menjadi Lebih Profesional






             Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjarmasin menyelenggarakan Sosialisasi Peningkatan dan Perkuatan Kesadaran Bela Negara Bagi Lurah dan Aparatur Pemerintah Kota Banjarmasin Tahun 2016 di Aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin, Rabu 20 April 2016.
            Hadir pada acara ini Plt. Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. H. Ichwan Noor Chalik, M.Si, Staf Ahli Walikota Bidang Hukum dan Politik Drs. Aminuddin Latief, M.Si, Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan drh. H. Rusmin Ardhalewa, MS, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Banjarmasin Drs. Hermansyah, Kepala BPBD dan Kebakaran Kota Banjarmasin Drs. Muhammad Ilmi, MM, Kepala Organisasi Setdako Banjarmasin Drs. Ahmad Syauqi, M.Si, Perwakilan Kecamatan, Perwakilan Polresta Banjarmasin, Lurah dan Kasi Terantip se Kota Banjarmasin.
            Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya diikuti semua peserta. Dilanjutkan pembacaan do’a oleh Fahrurrazi.
            Acara Sosialisasi dilanjutkan dengan Laporan Ketua Panitia Kegiatan Drs. Hermansyah yang melaporkan Dasar Pelaksanaan Kegiatan yaitu Permendagri Nomor 38 Tahun 2011 tentang Pedoman Peningkatan dan Perkuatan Bela Negara di Daerah, Perda Kota Banjarmasin Nomor 12 Tahun 2008 tentang Urusan Pemerintahan yang berwenang Pemerintah Kota Banjarmasin dan DPA Badan Kesbangpol Kota Banjarmasin TA. 2016.
            Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah menanamkan sikap dan perilaku cinta tanah air bagi setiap WNI dan rela berkorban bagi bangsa dan negara sesuai dengan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945; Mengoptimalkan pengembangan dan perbaikan kinerja demokrasi yang berdasarkan Indeks Demokrasi Indonesia; dan Meningkatan kesadaran dan peran serta masyarakat dalam usaha pembelaan Negara dilandasi oleh kecintaan pada tanah air dan kesadaran berbangsa dan bernegara Indonesia dengan berdasar pada Pancasila dan UUD 1945.
            Kegiatan tersebut dilaksanakan sebanyak 4 (empat) kali yaitu : Tanggal 20 April 2016 dengan peserta Lurah dan Aparatur Pemko Banjarmasin, Tanggal 10 Agustus 2016, Tanggal 7 September 2016, dan Tanggal 12 Oktober 2016 dengan peserta Aparatur Pemko Banjarmasin termasuk aparatur Kecamatan/Kelurahan.
            Narasumber pada Sosialisasi Peningkatan dan Perkuatan Kesadaran Bela Negara Bagi Lurah dan Aparatur Pemerintah Kota Banjarmasin Tahun 2016 ini yaitu DR. Acep Supriadi, M.Pd (Unlam Banjarmasin) dengan materi Pancasila dan UUD 1945. Polresta Banjarmasin dengan materi Keamanan dan Ketertiban.
            Sambutan Walikota Banjarmasin yang dibacakan oleh Plt. Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. H. Ichwan Noor Chalik, M.Si, menyampaikan bahwa bela negara merupakan bagian dari pembinaan mental, karakter dan paradigma seorang pegawai, sehingga mempunyai pengetahuan, kemampuan dan keterampilan untuk melaksanakan tugas sebagai aparatur negara sekaligus pelayan masyarakat. Juga bertujuan untuk membentuk karakter disiplin dan etika sebagai aparatur dalam rangka pembinaan sumber daya manusia.
            Walikota Banjarmasin berharap melalui Sosialisasi Peningkatan dan Perkuatan Kesadaran Bela Negara Bagi Lurah dan Aparatur Pemerintah Kota Banjarmasin ini hendaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk memperoleh bekal sebanyak-banyaknya dalam upaya menjadi aparatur yang profesional dan berdedikasi, serta membentengi diri dengan kekuatan mental yang tangguh. Agar terwujud dengan kekuatan pemerintahan yang amanah demi Kota Banjarmasin Baiman (Barasih Wan Nyaman).

            Sambutan di akhiri dengan Pembukaan Sosialisasi Peningkatan dan Perkuatan Kesadaran Bela Negara Bagi Lurah dan Aparatur Pemerintah Kota Banjarmasin Tahun 2016 oleh Plt. Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. H. Ichwan Noor Chalik secara resmi.

R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram