Final Pemilihan Duta Kesenian Panting







Di era moderenisasi ini, banyak kesenian yang mulai dilupakan. hal ini yang menjadi perhatian oleh dinas kebudayaan dan pariwisata pemerintah kota Banjarmasin untuk menyelenggarakan salah satu kegiatan yang kembali membangunkan kesenian yang telah tertidur, salah satunya kesenian musik Panting.

Sabtu, 24 April 2016, final pemilihan duta seni panting yang diselenggarkan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, bertempat dimenara Padang Siring kota Banjarmasin, dibuka langsung oleh wakil Walikota Banjarmasin, Hermansyah.

Dalam final tersebut, diikuti oleh 6 peserta dalam 2 (dua) kategori, yaitu kategori umum dan kategori pelajar. hanya satu tim yang berasal dari perwakilan universitas yang mengikuti lomba tersebut, dari Sanggar Seni Demokrat Fisip Unlam Banjarmasin.

Wakil walikota menganjurkan agar setiap satu kelurahan memiliki satu sanggar musik panting, "jika setiap kelurahan memiliki musik panting, maka kita bisa menyelenggarakan ajang ini lebih meriah lagi." ujarnya

Duta seni yang terpilih dalam ajang ini, akan mewakili Banjarmasin dalam ajang provinsi maupun nasional, bahkan kalau bisa sampai ditingkat internasional.  "tugas duta seni bukan hanya sebatas ajang, tetapi juga bertugas untuk memperkenalkan kesenian terutama di Kalimantan Selatan ini, bukan hanya di ajang nasional,  bahkan ketingkat internasional" tegasnya.

Pemenang ajang ini mendapat piala bergilir yg diserahkan oleh wakil walikota. pemenang untuk kategori umum adalah sanggar bersatu padu, sedangkan dari kategori pelajar, dimenangkan oleh SMK 5 Banjarmasin.

Acara ini juga dihadiri oleh, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Plt. Sekretaris daerah Kota Banjarmasin, dan beberapa Kepala SKPD.

R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram