PKK Memiliki Peran Strategis Untuk Mewujudkan Keluarga Sejahtera



             Rakerda TP PKK Kota Banjarmasin Tahun 2016 diselenggarakan pada hari Kamis (31 Maret 2016) dengan tema “TP PKK Kota Banjarmasin Siap Membangun Kemitraan Bersama Pemerintah Kota Banjarmasin Untuk Mewujudkan Banjarmasin Barasih Wan Nyaman”, sekaligus Penandatangan Kerjasama (MoU) dengan SKPD Terkait di Aula Kayuh Baimbai Pemko Banjarmasin.
            Hadir pada acara Rakerda TP PKK Kota Banjarmasin Tahun 2016 Walikota Banjarmasin Ibnu Sina, S.Pi, M.Si, Plt. Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. H. Agus Surono, M.Si, Ketua TP PKK Kota Banjarmasin dr. Siti Wasilah, M.Si,Med, Wakil Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Hj. Siti Fatimah, Ketua Dharma Wanita Persatuan Yuli Harmini, Kepala SKPD di Lingkungan Pemko Banjarmasin, Kepala BNN Kota Banjarmasin AKBP Ilyas, Camat dan Lurah se Kota Banjarmasin, Ketua Gabungan Organisasi Wanita dan Pengurus, Ketua TP PKK Kecamatan dan Pengurus, dan Ketua TP PKK Kelurahan dan pengurus se Kota Banjarmasin.
            Acara dibuka dengan menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars PKK yang di ikuti semua peserta. kemudian pembacaan ayat suci Al Qur’an oleh Ahmad Syouri (Qari siswa MTs Al Hamid) dan pembacaan doa oleh Mashuddin.
            Berikutnya Laporan Ketua Panitia Penyelenggara oleh Risnawati yang menyampaikan Dasar Pelaksanaan Rakerda TP PKK Kota Banjarmasin yaitu : Keputusan Mendagri dan Otonomi Daerah tentang Gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga; Permendagri Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga; Rapat Pengurus TP PKK Kota Banjarmasin. Rakerda ini dimaksudkan Untuk Meningkatkan Kualitas dan Memantapkan Pelaksanaan Gerakan PKK. Tujuan Rakerda yaitu Mantapnya Kelembagaan Gerakan PKK yang Berkualitas, Meningkatkan Kegiatan Pelaksanaan 10 Program PKK Demi Terwujudnya Ketahanan Keluarga, Tersusunnya Program Kerja Tahun 2016-2021 dan Tersusunnya Program Kerja Tahun 2016. Peserta pada Rakerda TP PKK Kota Banjarmasin sebanyak 169 orang, yang terdiri dari : Pengurus TP PKK Kota Banjarmasin 30 orang, Ketua TP PKK Kecamatan, Wakil Ketua dan Sekretaris (pokja I s/d IV) sebanyak 35 orang, dan Ketua TP PKK Kelurahan dan Sekretaris 104orang.
            Dalam sambutannya Ketua TP PKK Kota Banjarmasin Siti Wasilah menyampaikan selama ini PKK di artikan berbeda dalam masyarakat. Padahal PKK memiliki peran strategis untuk mewujudkan keluarga sejahtera. Keluarga merupakan rangkaian siklus yang menyangkut kehidupan masyarakat.
            Walikota Banjarmasin Ibnu Sina sebagai Pembina TP PKK Kota Banjarmasin mengatakan PKK sebagai salah satu institusi dan penggerak Ketahanan Keluarga, Kesejahteraan Keluarga dan Kebahagiaan Keluarga. Ke depannya PKK menjadi Mitra Strategis Pemerintah Kota Banjarmasin yang dituangkan dalam RPJM dan Mendukung Program Penciptaan Wirausaha 2.500 UKM. Ibnu Sina mengajak semua pihak untuk bekerjasama menjadikan Kota Banjarmasin sebagai Kota Sungai dan Pintu Gerbang Perekonomian 2025. Sambutan di akhiri dengan Pembukaan secara resmi Rakerda TP PKK Kota Banjarmasin Tahun 2016.
            Narasumber pada acara Rakerda TP PKK Kota Banjarmasin Tahun 2016 ini Kepala Bappeda Kota Banjarmasin Ir. Nurul Fajar Desira CES, yang menyampaikan materi “TP PKK Dalam Anggaran Daerah”. Dipandu moderator Muhammad Tamami SKM.

            Pada kesempatan ini dilakukan Penandatanganan Kerjasama (MoU) TP PKK Kota Banjarmasin dengan SKPD Terkait di Lingkungan Pemerintah Kota Banjarmasin yaitu : (1) Kerjasama dengan Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah Kota Banjarmasin dan Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin di wakili Kepala Bagian Kesra Setdako Banjarmasin Drs. H. Nortajidi, MM. (2) Kerjasama dengan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Banjarmasin dan Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin diwakili Plt. Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin Drs. Agus Surono, M.Si. (3) Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin dan Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan Kota Banjarmasin di wakili Sekretaris Perindag Kota Banjarmasin. (4) Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dan Dinas Pariwisata Seni dan Kebudayaan. (5) Badan Narkotika Nasional Kota Banjarmasin dan Badan Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin yang di wakili AKBP Ilyas dan Sekretaris Badan LH Kota Banjarmasin.

R.S

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram